News Update :

KESIMPULAN: ANALISIS PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA LAYANAN PERPUSTAKAAN DENGAN TRUST DAN COMMITMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Penelitian ini menguji pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pengguna perpustakaan dengan trust dan commitment sebagai variabel intervening.

Populasi penelitian ini adalah civitas akademika Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya yang memanfaatkan perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Metode penelitian ini adalah purposive sampling dengan teknik analisis jalur. Penelitian ini menggunakan alat statistik berupa AMOS .05 (Analysis of Moment Structure).

Penelitian ini mengambil sebanyak 150 responden yang memanfaatkan layanan dan fasilitas perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh November dengan intensitas kunjungan sebanyak 3 kali atau lebih secara tidak acak dalam satu minggu.


Berdasarkan analisis dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka diperoleh simpulan sebagai berikut:

1. Kepuasan pengguna mempunyai hubungan positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pengguna perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.
Berdasarkan Tabel regression weights menunjukkan bahwa nilai critical ratio untuk pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pengguna perpustakaan sebesar 4,394. Nilai koefisien hubungan kepuasan pengguna terhadap loyalitas pengguna perpustakaan adalah positif sebesar 0,315. Karena nilai critical ratio lebih dari 1,96 dengan tingkat signifikansi kurang dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa kepuasan pengguna berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pengguna dan antara kepuasan dengan loyalitas pengguna perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya mempunyai hubungan positif.

2. Kepuasan pengguna mempunyai hubungan positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap trust pengguna perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.
Berdasarkan Tabel regression weights menunjukkan bahwa nilai critical ratio untuk pengaruh kepuasan pengguna terhadap trust pengguna perpustakaan sebesar 2,223. Nilai koefisien hubungan kepuasan pengguna terhadap trust pengguna perpustakaan adalah positif sebesar 0,183. Karena nilai critical ratio lebih dari 1,96 dengan tingkat signifikansi kurang dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa kepuasan pengguna berpengaruh signifikan terhadap trust pengguna dan antara kepuasan dengan trust perpustakaan pengguna perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya mempunyai hubungan positif dalam artian apabila kepuasan pengguna perpustakaan naik, maka trust pengguna perpustakaan akan naik.

3. Kepuasan pengguna mempunyai hubungan positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap commitment pengguna perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.
Berdasarkan Tabel regression weights menunjukkan bahwa nilai critical ratio untuk pengaruh kepuasan pengguna terhadap Commitment pengguna perpustakaan sebesar 5,332. Nilai koefisien kepuasan pengguna terhadap Commitment pengguna perpustakaan adalah positif sebesar 0,406. Karena nilai critical ratio lebih dari 1,96 dengan tingkat signifikansi kurang dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa kepuasan pengguna berpengaruh signifikan terhadap Commitment pengguna dan antara kepuasan dengan commitment pengguna perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya mempunyai hubungan positif dalam artian apabila kepuasan pengguna perpustakaan naik, maka commitment pengguna perpustakaan naik.

4. Trust pengguna mempunyai hubungan positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap commitment pengguna perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.
Berdasarkan tabel regression weights, terlihat bahwa nilai critical ratio untuk pengaruh Trust pengguna terhadap commitment pengguna perpustakaan sebesar 2,586. Nilai koefisien hubungan trust pengguna terhadap commitment pengguna adalah positif sebesar 0,121. Karena nilai critical ratio lebih dari 1,96 dengan tingkat signifikansi kurang dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Trust pengguna berpengaruh signifikan terhadap commitment pengguna dan antara trust dengan commitment pengguna perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya mempunyai hubungan positif dalam artian apabila trust pengguna perpustakaan naik, maka commitment pengguna perpustakaan naik.

5. Trust pengguna mempunyai hubungan positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas pengguna perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Berdasarkan hasil ini maka hipotesis penelitian teruji kebenarannya.
Berdasarkan tabel regression weights, terlihat bahwa nilai critical ratio untuk pengaruh trust pengguna terhadap loyalitas pengguna perpustakaan sebesar 4,205. Nilai koefisien hubungan trust pengguna terhadap loyalitas pengguna perpustakaan adalah positif sebesar 0,278. Karena nilai critical ratio lebih dari 1,96 dengan tingkat signifikansi kurang dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa trust pengguna berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pengguna dan antara trust dengan Loyalitas pengguna perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya mempunyai hubungan positif dalam artian apabila trust pengguna perpustakaan naik, maka loyalitas pengguna perpustakaan naik.

6. Commitment pengguna mempunyai hubungan positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas pengguna perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Berdasarkan hasil ini maka hipotesis penelitian teruji kebenarannya.
Berdasarkan tabel regression weights, terlihat bahwa nilai critical ratio untuk pengaruh Commitment pengguna terhadap loyalitas pengguna perpustakaan sebesar 4.120. Nilai koefisien hubungan Commitment pengguna terhadap loyalitas pengguna perpustakaan adalah positif sebesar 0,296. Karena nilai critical ratio lebih dari 1,96 dengan tingkat signifikansi kurang dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Commitment pengguna berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pengguna dan antara commitment dengan Loyalitas pengguna perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya mempunyai hubungan positif dalam artian apabila commitment pengguna perpustakaan naik, maka loyalitas pengguna perpustakaan naik.

7. Secara keseluruhan, kepuasan pengguna memiliki pengaruh hubungan langsung yang signifikan dibandingkan dengan pengaruh tidak langsung melalui trust dan commitment
Pengaruh langsung kepuasan pengguna terhadap loyalitas pengguna perpustakaan adalah sebesar 0,31, Pengaruh tidak langsung kepuasan pengguna terhadap loyalitas pengguna perpustakaan melalui trust pengguna perpustakaan adalah sebesar 0,0504, Pengaruh tidak langsung kepuasan pengguna terhadap loyalitas pengguna perpustakaan melalui commitment pengguna adalah sebesar 0,123, Pengaruh tidak langsung kepuasan pengguna terhadap loyalitas pengguna perpustakaan melalui trust pengguna dan commitment pengguna adalah sebesar 0,0064, Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh kepuasan terhadap loyalitas secara langsung lebih kuat dibandingkan dengan pangaruh tidak langsung kepuasan terhadap loyalitas pengguna perpustakaan melelui trust dan commitment pengguna pada perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh November surabaya, akan tetapi apabila membandingkan antara pengaruh tidak langsung kepuasan terhadap loyalitas pengguna perpustakaan melalui trust dengan commitment, dalam penelitian ini ditemukan lebih kuat pengaruh tidak langsung kepuasan terhadap loyalitas melalui commitment dari pada pengaruh tidak langsung kepuasan terhadap loyalitas melalui trust, dari hasil penelitian ini tidak berbada dengan teori yang dikatakan oleh Parraga dan Alonso (2000) Fredy Valenzuela dan Arturo Z. Vasquez-Parraga (2006) menyebutkan bahwa nilai estimasi hubungan antara kepuasan dan loyalitas melalui trust lebih lemah dari pada melalui commitment.
Share this Article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 

© Copyright NANTAKU 2010 -2011 | Design by DuaKutub | Published by Tangga Karir | Powered by Blogger.com.